UKG “Online” Gagal Lagi


JAKARTA, KOMPAS.com — Hingga hari ketiga uji kompetensi guru online pada Rabu (1/8/2012) pagi ini, para guru yang mengikuti ujian di SMAN 3 Kota Semarang, Jawa Tengah, tidak berhasil mengakses materi soal dari server pusat.
Semua prosedur sudah kami ikuti sesuai petunjuk, tetapi tetap tidak bisa koneksi ke server pusat. – Suratman

Para guru yang setia hadir sesuai jadwal hanya bisa pasrah dengan kegagalan koneksi internet yang menyebabkan mereka tidak jadi ujian.

“Semua prosedur sudah kami ikuti sesuai petunjuk, tetapi tetap tidak bisa berhasil koneksi ke server pusat,” kata Suratman, penanggung jawab TI untuk UKG online di SMAN 3 Semarang.

Suratman merasa heran, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menimpakan kegagalan UKG online kepada petugas dan guru. Pernyataan tersebut melukai perasaan petugas yang sudah beberapa hari ini bekerja tanpa henti untuk mengecek jaringan.

“Ketika persiapan, semua oke, tetapi saat hari pelaksanaan ujian koneksi ke server pusat untuk login tidak bisa. Bagaimana guru bisa ujian? Sejak Senin sampai Rabu pagi ini, tidak sekalipun berhasil terkoneksi,” tutur Suratman.

Para guru pun tidak mungkin keliru mengisi data. Sebab, data yang harus dimasukkan guru adalah nomor peserta ujian dan nomor unik pendidik tenaga kependidikan (NUPTK).

“Guru-guru didampingi pegawai tata usaha yang paham komputer. Bagaimana mungkin guru salah memasukkan data? Kami benar-benar bingung di mana masalahnya. Sampai sekarang tidak ada solusi yang jelas,” ungkap Suratman.

Editor :Agus Mulyad

Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s