Jagalah Kesehatam Mulut dan Gigi dari Sekarang!


Sering orang mengabaikan kesehatan mulut dan gigi. Tapi sebaiknya anda harus menangani ini dengan serius karena hal ini merupakan vital bagi tubuh. Infeksi gigi dapat memicu penyakit kronis seperti stroke dan penyakit jantung yang mematikan. Supaya hal tersebut tidak terjadi pada anda, sebaiknya anda rajin menggosok gigi dan lakukan pemeriksaan gigi minimal 6 bulan sekali.

Mungkin anda berpikir apa kaitanya antara jantung dan gigi? Pada gigi terdapat yang sudah terinfeksi oleh bakteri, bakteri akan masuk ke penyangga gigi ke pembuluh darah dan menyebar keseluruh organ penting tubuh sehingga menyebabkan infeksi. Tidak hanya terkena resiko stroke dan jantung, tapi bisa menambah resiko pada penderita diabetes dan penyakit pernafasan.berbahaya bukan?

Unutk itu rajinlah menggosok gigi minimal 2 kali sehari dengan pasta gigi yang menggandung fluoride supaya kesehatan mulut dan gigi tetap terjaga. Tetapi makanan pun tidak luput dari kesehatan mulut dan gigi karena mulut dan gigi pasti berhubungan langsung untuk menerima makanan dan mengunyah makanan sehingga tak jarang mulut dan gigi suka kotor karena bekas- bekas makanan yang menempel di sela-sela gigi.

Agar gigi dan mulut terjaga ,cobalah beberapa tips yang bisa anda lakukan dan merubah kebiasaan anda.

1. Kurangi minuman bersoda
Minuman bersoda seperti sprite,coca cola,dan minuman soda lainya menggandung asam sehingga dapat merusak e-mail gigi dan membuat karies gigi (berlubang).

2. Sering minum air putih
Tidak hanya sebagai penghilang rasa haus, air putih dapat menyingkirkan kotoran dan bakteri yang berada didalam mulut secara tidak anda sadari.

3. Banyak konsumsi sayuran dan buah
Selain sebagai sumber nutrisi yang dbutuhkan oleh manusia, sayuran dan buah dapat dijadikan sebagai” pasta gigi yang alami” karena serat yang terkandung dalam sayuran dan buah dapat menyingkirkan plak pada gigi serta menetralkan kandungan keasaman di mulut anda. Untuk mencegah infeksi pada mulut dan gusi, plilhlah buah-buahan yang menggandung vitamin C.

4. Batasi makanan menggandung gula dan lengket
Seperti permen , cokelat batangan dan gulali adalah makanan yang mudah menempel di gigi dan meninggalkan gula disela-sela gigi sehingga membuat bakteri berkembang dan nejdi asam sehingga asam bisa membuat gigi berlubang.

5. Konsumsi teh hitam
Menurut riset, teh hitam dapat menekan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang dan gusi berdarah.

Gigi yang sehat dapat memperkecil resikko penyakit yang kronis selain mencegah penyakit yang berbahaya, kita dapat mendukung penampilan kita.

(dikutip dari berbagai sumber)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s