Makanan Bersahabat Untuk Jantung Anda


Pada era modern ini, semua serba instan termasuk makanan. Makanan instan jika dikonsumsi dalam jangka lama, membuat tubuh kita menjadi terganggu seperti hal nya jantung kita. Jantung merupakan organ terpenting dalam hidup. Untuk itu kesehatan jantung tidak boleh kita abaikan.

Tetapi apakah anda sadar bahwa mengonsumsi makanan yang anda lakukan sehat bagi jantung? Belum tentu karena dengan hadirnya makanan yang serba cepat dan instan membuat jantung mempunyai banyak “musuh”. Jika hal ini di biarkan, maka yang terjadi adalah penyakit kolesterol yang diberikan pada makanan instan untuk jantung. Akibatnya dalam proses lanjut adalah serangan jantung. Menurut penelitian di Amerika, serangan jantung merupakan pembunuh nomor 1 bagi manusia di seluruh dunia.

Bagaimana tanggapan anda? Mengerikan bukan? Untuk itulah jaga cara makan anda dan rubah pola makan anda dengan makanan yang bisa menjadi “best friend” bagi jantung anda.

1. Paprika

Vitamin A dan C serta antioksidan terdapat dalam jenis sayuran ini. Paprika juga mengandung kalium yang menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengurangi kontraksi otot pada jantung. Bagi penderita hipertensi (tekanan darah tinggi), paprika ini bisa menjadi solusi untuk mengedalikan tekanan darah anda.

2. Kacang – kacangan

Sumber makanan yang rendah lemak dan kaya vitamin B, folat ,magnesium, serat ada di kacang – kacangan. Selain sehat untuk jantung karena rendah lemak, kacang -kacangan juga mencegah penyakit kardiovaskular (komplikasi penyakit jantung dan pembuluh darah). Serat yang ada di kacang-kacangan berguna untuk melancarkan pencernaan.

3. Teh

Teh mengandung polifenol antioksidan yang berguna untuk menangkal penyakit radikal bebas seperti penyakit jantung. Keuntungan lain yang dimiliki oleh teh adalah mencegah kanker dan tumor.manfaat polifenol dalam teh menurut para ahli dapat menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh kita dari penyumbatan pembuluh darah.

4. Sayuran hijau

Mengandung banyak serat, kalsium, potasium dan karotenoid. Karotenoid ini berfungsi untuk menurunkan resiko penyakit jantung seperti jantung koroner, serangan jantung dan penyakit jantung lainya. Selain itu aman dikonsumsi bagi penderita jantung.

5. Jeruk

Selain memiliki kadar vitamin C yang tinggi, serat pada jeruk berguna untuk menurunkan kolestrol dalam darah yang mengakibatkan penyakit kronis seperti penyakit jantung.

6. Bawang putih

Bawang putih karena terdapat sulfida yang dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular seperti kolestrol jahat (LDL) dan trombosit dalam darah anda.

7. Gandum

Kalori sehat, serat, vitamin dan mineral serta zat besi dan magnesium yang dibutuhkan jantung terdapat dalam gandum. Contoh makanan baik bagi jantung yang berbahan gandum adalah sereal oat yang dipercaya sebagai makanan yang terbaik bagi jantung.

8. Beras

Dengan mengonsumsi beras, 12 vitamin serta mineral, asam folat terdapat dalam tubuh anda. Selain itu, mengonsumsi beras dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

9. Buah berry

Yang termasuk buah berry adalah strawberry, blueberry dan redberry. Buah berry ini mengandung kaya antioksidan yang lebih tinggi dari buah dan sayuran lain. Keuntungan yang didapat dari mengonsumsi buah berry adalah dapat membantu meningkatkan HDL (lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan jantung) dan menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi.

10.Ikan segar

Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang berfungsi menurunkan tekanan darah dan kadar trigliserida dalam tubuh. Menurut para ahli, mengonsumsi ikan 1-2 kali per minggu dapat menurunkan ancaman jantung koroner yang menyebabkan kematian.

Untuk mencegah penyakit jantung yang dapat membunuh anda, perhatikanlah makanan apa yang anda konsumsi dan jagalah kesehatan anda, karena sehat adalah dambaan setiap orang.

(Dikutip dari berbagai sumber )

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s