Tips Untuk Masalah Pencernaan


Seringkali kita makan tidak melihat bagaimana gizi dari makanan tersebut. Menurut kita makanan yang enak itu adalah makanan yang enak dilidah.

Namun apakah tubuh juga merasa enak? Tidak juga karena pencernaan kita pasti akan berbeda karena jika makanan itu yang bersifat merugikan, maka pencernaan kita akan berusaha keras sehingga menyebabkan perut kita sakit. Dan akibatnya bisa dilihat berikut ini:

1. Kembung
Mengonsumsi minuman bersoda dan kafein seperti kopi dapat mengakibatkan perut kembung karena didalam minuman tersebut menyimpan angin sehingga saat dipencernaan akan mengeluakan angin dan mengakibatkan perut kurang nyaman.

2. Gas dalam perut
Gas yang ada didalam usus terjadi karena aksi dari bakteri. Pembentukan gas dalam perut ini diakibatkan oleh mengonsumsi makanan olahan seperti olahan susu, brokoli, kembang kol karena diet yang berlebihan.

3. Mulas
Disebabkan karena asam lambung tumpah ke esophagus (kerongkongan) dan membuat luka pada lapisan esophagus yang rentan iritasi. Kondisi biasa terjadi jika anda sering mengonsumsi makanan yang cepat saji, gorengan dan makanan pedas. Selain itu kebiasaan hidup juga mempengaruhi mulas seperti tiduran sehabis makan, merokok, dehidrasi dan minum alkohol.

4. Sembelit
Sembelit terjadi karena proses respirasi (buang air) jarang terjadi sehingga mengakibatkan keras saat BAB dan agak sulit dikeluarkan. Hal ini terjadi karena kurangnya konsumsi serat,cairan dalam makanan,atau efek samping dari obat.

Nah sudah tahukan pencernaan akibat makanan yang kurang sehat. Untuk mencegah hal seperti itu, ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk mecegah hal itu terjadi.

1. Konsumsi sayuran dan buah
Makanlah sayuran dan buah supaya anda mendapatkan kebutuhan serat yang cukup seperti sayuran hijau, gandum, wortel juga buah-buahan. Dengan mengonsumsi makanan yang berserat, anda dapat menghindari sembeli, masalah pencernaan hingga penyakit jantung.

2. Batasi konsumsi daging
Untuk konsumsi sebaiknya makan daging perlu dibatasi bahkan jika perlu tidak makan daging.

3. Minum air putih yang cukup
Penuhi nutrisi dan serat anda dengan minum air putih, jus dan sup. Selain mencegah sembelit, juga memelihara kesehatan.

4. Sehabis makan berjalan sebentar
Sehabis makan, disarankan agar tidak tiduran/berbaring karena pencernaan susah mencerna makanan dan mengakibatkan mulas. Untuk itu biasakan berjalan sekitar 5 menit untk membantu pencernaan mencerna makanan lebih mudah.

5. Konsumsi probiotik
Probiotik sangat bermanfaat bagi tubuh terutama untuk kesehatan pencernaan. Menurut para ahli gizi, makanan probiotik seperti yogurt dapat membantu anda yang sedang terkena diare, radang usus dan iritasi usus.

6. Usahakan untuk tidak stress
Karena stress, perilaku kita suka berubah dan berdampak pada pola makan kita seperti kurang nafsu makan sehingga mengakibatkan penyakit pencernaan seperti maag, wasir dan sindrom iritasi usus.

7. Tidak meminum minuman alkohol dan merokok
Dengan menghindari kebiasaan buruk ini saat anda terkena masalah pencernaan akan mempercepat penyembuhan pencernaan anda serta menghindari radang pada pencernaan.

8. Cucilah sayuran dan buah sebelum dikonsumsi
Dengan melakukan hal seperti ini serta menjaga kebersihan alat dapur yang digunakan untuk mengolah, saat anda makan terbebas dari bakteri yang mempunyai efek langsung pada perut.

9. Batasi konsumsi gula, garam dan tepung terigu
Hal ini juga dapat menyebabkan masalah dipencernaan seperti radang usus jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Untuk itu batasilah penggunaan si “putih” ini.

10. Hindari makan terlalu cepat
Jangan makan terlalu cepat karena lambung akan bekerja keras sehingga pencernaan anda menjadi sakit saat makanan masuk ke pencernaan. Oleh karena itu, makanlah secara perlahan agar pencernaan terutama lambung dapat mencerna dengan baik.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s