Cara pandang dan Sikap guru hebat terhadap profesinya


Profesi  guru adalah rakhmat yang tak ternilai harganya.  Dari profesi ini kita punya peluang besar untuk mendapat kemuliaan. Ucapan kita didengar, dipercayai, dan dijadikan inspirasi. Sikap dan perilaku kita ditiru dan dikagumi.  Marilah kita bersyukur atas pilihan profesi yang kita ambil. Profesi ini telah menempatkan kita pada posisi yang mulia.


Menyadari profesi guru itu merupakan rakhmat yang Tuhan berikan kepada kita sikap kita terhadap profesi kita ini adalah berusaha seoptimal mungkin untuk ikhlas dan selalu bersyukur atas apapun yang kita peroleh dari profesi guru ini.
Profesi guru merupakan amanah yang akan melatih diri kita menjadi pribadi yang dapat dipercaya. Di tangan kita letak keberhasilan pendidikan seseorang. Di tangan kita terletak masa depan seseorang. Sedemikian pentingnya amanah ini sehingga kita bersikap hati-hati dalam mengembannya.
Menyadari profesi guru itu sebagai amanah, sikap kita terhadap profesi guru ini adalah berusaha untuk mengajar secara benar dan bertanggungjawab atas kebenaran yang kita ajarkan kepada siswa.
Profesi guru merupakan panggilan diri kita setelah kita tahu bahwa negeri ini memerlukan banyak guru untuk mencerdaskan anak bangsa. Disadari atau tidak anak bangsa memerlukan pendidikan terbaik sebagai bekal masa depannya. Pendidikan terbaik itu pastinya bersal dari kita sebagai guru mereka.
Menyadari profesi guru adalah sebuah panggilan niatkan agar kita dapat mengajar secara tuntas dan penuh integritas.
Anggaplah profesi guru ini ladang ibadah bagi kita. Setiap kebaikan yang kita ajarkan menuai amal baik sebagai bekaI kita menghadap sang pencipta kelak.
Menyadari profesi guru sebagai ibadah saatnya kita berkomitmen untuk mengajar optimal penuh semangat.
Profesi guru merupakan wadah kita untuk mengaktualisasikan diri. Pengetahuan dan ketrampilan yang kita miliki dapat kita bagi dengan siswa sebagai wujud aktualisasi diri kita. Bayangkan kalau kita tidak punya siswa, kepada siapa pengetahuan dan ketrampilan itu kita berikan?
Aktualisasi diri adalah kebutuhan manusia. Syukurnya profesi guru member kita ruang yang luas untuk memenuhi kebutuhan aktualisasi diri ini. Tinggal sikap kita sebagai seorang guru hebat untuk mengajar dengan serius dan penuh kecintaan.
Profesi mengajar itu adalah seni. Dalam mengajar kita memerlukan keindahan, kerapihan, keteraturan, dan kreatifitas. Berkesenian adalah juga kebutuhan kita. Mengajar juga membuka peluang bagi diri kita untuk memenuhi kebutuhan berkesenian. Kita bisa melukis, bernyanyi, berpuisi, dan menari sewaktu mengajar. Riangkanlah hati, bergembiralah ketika kita mengajar. Tunjukkanlah semua kretifitas yang kita punya dalam wujud seni.
Menyikapi hal ini marilah kita mengajar dengan kreatif dan penuh sukacita. Dengan demikian hidup kita menjadi lebih hidup dan bahagia.
Profesi guru adalah wujud Kehormatan. Sebuah kehormatan bagi kita ketika kita dipercaya untuk mengajar di kelas.Tidak banyak orang yang dipercaya menyampaikan materi pengajaran kepada siswa. Mari kita memandang tugas mengajar itu sebagai kepercayaan orang terhadap kompetensi kita. Dan kepercayaan ini merupakan kehormatan bagi kita.
Sikap kita adalah mengajar dengan tekun dan penuh keunggulan.
Profesi guru merupakan Layanan kita kepada masyarakat terdekat. Hidup untuk melayani siswa yang haus akan pengetahuan dan ketrampilan akan menjadi bermakna. Kita menjadi lebih berarti karena telah melayani siswa dengan baik. Tanpa bermaksud menuntut layanan yang sama, para guru hebat sering beruntung ketika bertemu dangan mantan siswanya yang telah menjadi orang hebat pula.
Sikap kita sekarang adalah mengajar dengan sempurna dan penuh kerendahan hati. Kelak sikap ini akan member kita manfaat yang besar dalam kehidupan ini.
Mungkin tulisan ini dimaknakan terlalu idealis tapi demikianlah semestinya kita menyikapi profesi kita. Hasilnya akan menjadi luar biasa tanpa kita sadari. Siswa kita akan sangat menikmati pengajaran kita di kelas dan siswa pun dapat mengoptimalkan pembelajaran mereka untuk meraih hasil belajar yang optimal. Semua ini karena kita adalah para guru yang berethos hebat.

Jayalah pendidikan Indonesia, bangkitlah guru Indonesia.

Ditulis oleh Indra Muis

sumber

Pos ini dipublikasikan di Guru. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s