Tenaga Honorer Kategori II Diangkat Jadi CPNS Tahun 2013


pabk-4you.blogspot.com
Tenaga Honorer Kategori II Diangkat Jadi CPNS Tahun 2013 – Bagi anda yang sekarang masuk dalam database tenaga honorer kategori II atau tenaga honorer K II patut bersyukur, karena pada tahun 2013 nanti pemerintah ber­upa­ya mengentaskan tunggakan pen­gang­­katan tenaga honorer Kategori II (K II) atau yang tidak digaji dari APBN atau APBD. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Kementerian Penda­yagunaan Aparatur Negara dan Refor­­masi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Tas­­dik Kinanto di Jakarta kema­rin (28/8).

 

Menurut Tasdik, jumlah tenaga ho­norer K II ini lumayan besar, men­capai 600 ribu orang. Jika tidak segera di­angkat, mereka akan terus menagih dan membuat pemerintah tidak bisa bekerja untuk uru­san lain­nya. ”Jadi mereka kita prio­ritas­kan dulu,” kata dia.
Sistem pengangkatan tena­ga honorer K II ini berbeda dengan pengangkatan tenaga honorer Kategori I (digaji APBN atau APBD). Seperti di­ke­tahui, akhir tahun ini te­naga ho­norer K I akan diang­kat lang­sung tanpa tes. Sedangkan un­tuk pengang­ka­tan tenaga ho­norer K II wajib di­l­akukan de­ngan tes tulis. Tas­dik me­ngatakan, tes tulis ini mi­rip de­ngan tes CPNS baru pe­la­mar umum yang akan dijalan­kan 8 September mendatang.
Secara teknis pembuatan soal untuk seleksi ini, terangnya, tetap digarap konsorsium 10 PTN yang diketuai UGM Yogya­kar­ta. Standar kesulitan soal ma­sih disembunyikan oleh tim dari kon­sorsium ini. “Intinya, jika be­lajar dengan sungguh-sungguh, insya Allah bisa mengerjakan soal,” ucap Tasdik.Tasdik menjelaskan, dalam tes tulis nanti tidak semua te­naga ho­no­rer K II ini diang­kat menja­di CPNS. Tetapi jumlah te­naga ho­­norer K II yang di­ang­kat nan­ti­nya disesuaikan de­ngan ke­kua­tan APBN 2013 yang akan disah­kan beberapa bu­lan lagi. Tasdik be­lum bisa me­ngatakan secara pas­ti jum­lah tenaga honorer K II yang akan diangkat menjadi CPNS tahun depan.
Tasdik menegaskan, tidak adanya kuota CPNS baru dari pe­­lamar umum bukan berarti ma­sa moratorium rekrutmen CPNS baru diperpanjang. Masa m­o­­ratorium CPNS baru akan ber­­akhir akhir tahun ini. Sehing­ga pada 2013, seluruh instansi pu­sat dan daerah berhak me­min­ta kuota CPNS baru.
”Tetapi itu tadi, prioritas kami adalah mengangkat tenaga ho­norer K II dulu,” ucap dia. Per­hitungan dari Kemen PAN-RB, lo­wongnya kursi PNS yang di­ting­gal pegawainya pensiun, bisa ditambal dengan rekrutmen CPNS baru dari gelombang te­naga honorer K II itu.
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s